Pantangan untuk Anak Penderita Asma

Asma atau asthma dalam bahasa Yunani diartikan sulit bernafas yaitu suatu kondisi pernafasan yang mengalami penyempitan pada bagian paru-paru (bronchial tubes) atau bronkus sehingga terjadi peradangan. Fungsi bronkus ini untuk membawa masuk dan keluarnya udara dari paru-paru sehingga akan lebih sensitif terhadap pengidapnya serta mudah mengalami radang. Penyakit asma bisa dialami oleh siapa saja termasuk anak-anak.

Pantangan untuk Anak Penderita Asma

Karena penyakit asma termasuk ke dalam penyakit kambuhan, maka penderita asma harus lebih berhati-hati dengan penyebab reaksi asma yang gejalanya sampai pada tingkat akut. Oleh karena itu, langkah antisipasi dapat dilakukan dengan menekan atau mengontrol perubahan pada pola pernafasan dan menghindari faktor-faktor penyebab asma. Hal yang harus dilakukan oleh penderita asma adalah menghindari  peimcunya. Dan berikut ini ada beberapa pemciu asma.

1. Terkena debu
Debu menjadi musuh berat bagi penderita asma. Debu bisa masuk ke saluran pernafasan dan menyebabkan reaksi alergi. Untuk itu semua penderita asma termasuk anak-anak harus berada di lingkungan yang sehat dan bersih dari debu. Oleh karena itu para orang tua harus berusaha memberishkan kamar anak dari debu sepertio debu kotoran maupun debu cat dinding.

2. Suhu dingin
Penderta asma sangat senstif  terhadap suhu dingin seperti hujan, penggunaan AC atau berada  di daerah-daerah pengunungan sehingga perlu dihindari. Oleh karena itu hindari lah beberaoa suhu dingin tersebut. Pada saat hujan, penderita asma bisa menggunakan baju tebal dan kaos kaki untuk menghindari kedinginan.

3. Udang Beku
Udang beku megandung sulfit yang mana sulfit ini sebagai zat tambahan untuk mencegah munculnya bintik-bintik hitam pada udang. Dan apabila dikonsumsi oleh penderita asma tidak baik karena akan memicu kambuhnya asma. Sedangkan untuk  anak penderita asma yang ingin mengkonsumsi udang, sebaiknya para orang tua berikan anak udang yang segar.

4. Asap rokok
Pantangan asma selanjutnya adalah asap rokok yang sangat berbahaya bagi penderita asma. Bahaya asap rokok mengandung nikotin yang bisa tertinggal dalam sauran pernafasan. Bahkan penderita asma hatus benar-benar tidak terpapar terhadap asap rokok.

5. Buah dan sayuran kering
Buah dan sayuran dalam olahan segar tentu tidak menjadi masalah untuk anak yang mempunyai asma. Namun jika buah dan sayuran itu kering, sebaiknya para orang tua tidak memberikan buah dan syuran kering tersebut kepada anak karena akan meningkatkan kadar sulfit yang tidak baik untuk penderita asma.

6. Olahraga berat
Penderita asma memang dianjurkan latihan dan olahraga untuk membantu melatih organ pernafasan. Tapi jika olahraga yang dilakukan itu berat hingga menyebabkan kelelahan, sebaiknya para orang tua tidak membiarkan anak untuk berolahraga berat.

Untuk asma pada anak perhatian orang tualah yang paling penting termasuk dalam memperhatikan pantangan-pantangan apa saja yang harus dihindari oleh anak.