Manfaat Temulawak untuk Hepatitis B pada Anak

Temulawak atau Curcuma xanthorrhiza adalah salah satu tanaman yang paling banyak dimanfaatkan manusia untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan termasuk hepatitis B pada anak. Hepatitis B merupakan masalah kesehatan dunia termasuk Indonesia. Organisasi Kesehatan (WHO) memperkirakan bahwa hepatitis B merupakan penyebab lebih dari 780.00 kematian tiap tahun di dunia. Adapun untuk penyebabnya, hepatitis B disebabkan oleh virus hepatitis B yang dapat menyebabkan penyakit hati yang terus-menerus atau terjadi peradangan hati, bahkan dapat menyebabkan penyakit kanker hati.
Manfaat Temulawak untuk Hepatitis B pada Anak
Adapun untuk pengobatan hepatitis B ini bisa dilakukan dengan menggunakan obat kimia ataupun dengan obat herbal. Untuk pengobatan herbal, para orang tua bisa memanfaatkan khasiat temulawak untuk mengatasi hepatitis B pada anak.

Sebagai obat herbal untuk mengatasi hepatitis B, temulawak tergolong jauh lebih bagus dibandingkan obat kimia karena tidak menimbulkan efek samping yang berarti. Bahkan secara uji klinis temulawak aman dikonsumsi, sehingga sangat cocok dimanfaat oleh penderita hepatitis.

Cara Meramu Temulawak

  1. Siapkan temulawak dan madu secukupnya.
  2. Kupas kulit temulawak dan bersihkan.
  3. Bilas temulawak yang sudah di kupas dan di parut.
  4. Tambahkan setangah cangkir air hangat dan satu sendok madu.
  5. Aduk rata lalu peras dan saringlah.
  6. Air saringan temulawak di minum sehari 2 kali.

Itulah manfaat dan cara meramu temulawak untuk mengatasi hepatitis B pada anak. Dan sebagai informasi, bahwa temulawak tak hanya bermanfaat untuk mengatasi hepatitis B, namun juga bermanfaat lain untuk kesehatan seperti melancarkan pencernaan, menyehatkan jantung, mengatasi kanker, mengatasi gangguan ginjal, mengatasi bisul, meredakan asma dan lain sebagainya.