Manfaat Berenang untuk Anak Anak

Berenang memang salah satu aktivitas yang menyenangkan untuk anak-anak balita maupun anak-anak usia 5 tahun ke atas. Terbukti bahwa saat anak-anak diajak berenang pasti mereka tidak mau berhenti, apalagi kolam renangnya dipenuhi dengan wahan permainan. Namun para orangtua jangan khawatirm justru anda perlu mengajarkan anak untuk berenang sejak  usianya masil beberapa bulan. Mengapa ? karena berenang itu yang dilakukan oleh si anak ada manfaatnya. Ingin tahu manfaatnya apa ? silahkan simak penjelasannya berikut ini.

 

Anak_anak_BerenangRenang adalah olahraga yang minim cedera fiisk karena ketika berenang tubuh kita mengapung yang disebabkan oleh gaya gravitasi bumi. Olahraga renang ini bisa dilakukan oleh segala usia termasuk anak-anak. Disamping itu, olahraga berenang tidak memerlukan banyak biaya serta tidak memerlukan peralatan apapun.

Sebuah penelitian di Jerman, menyatakan bahwa melatih anak berenang sejak usia dini sangat bermanfaat bukan hanya pada perkembangan fisiknya namun juga kemampuan berkonsentrasi, gerak reflek, kecerdasan serta perilaku sosial saat mereka memasuki usia taman kanak-kanak. Penelitian tersebut juga menyatakan bahwa anak yang telah berlatih renang sejak dini, terutama pada masa tiga bulan pertama usianya tidak hanya berpotensi menjadi anak berbakat, tapi juga lebih mandiri dan percaya diri serta menampakan kecerdasan intelektual yang lebih tinggi dibanding anak seusianya yang tidak dilatih berenang. Dan berikut ini beberapa manfaat lainnya dari berenang untuk anak :

  1. Melatih kemampuan sosial anak.
  2. Meningkatkan IQ anal lebih tinggi.
  3. Memberikan stimulasi pada motorik anak.
  4. Melatih rasa percaya diri dan keberanian anak.

Itulah lah manfaat berenang pada anak. Setelah mengetahui manfaat berenang untuk anak-anak, maka tak ada salahnya untuk para orangtua mengajak anak untuk berenang. Berenang bisa dilakukan satu atau duka kali dalam seminggu.